Jumat, 26 Juni 2015

Belajar secara Efektif bagi Mahasiswa

Dewasa ini sangat beragam kesiapan mahasiswa belajar dan hidup di perguruan tinggi. Keberagaman tersebut merupakan suatu rintanga dalam menciptkan proses belajar mengajar yang efektif. Mereka yang kurang siap banyak menyita perhatian dosen. Yang betul-betul siap juga akan terganggu dengan kehadiran beberapa yang bermasalah dalam populasi mahasiswa dalam satu kelas atau kelompok.

Kesiapan belajar di perguruan tinggi mencakup kesiapan mental dan keterampilan belajar. Secara lebih spesifik al itu termasuk tujuan pendidikan tinggi dan kemampuan mengatasi masalah serta keterampilan memanfaatkan kuliah, membaca, menulis, mengelola, dan memanfaatkan waktu serta mengikuti ujian.

Cara belajar memang bervariasi antar mahasiswa. Meskipun demikian setiap orang dapat memperoleh manfaat dengan mengetahui perihal belajar di perguruan tinggi dan berbagai keterampilan belajar yang efektif pada masa awal studinya. Hal itu perlu menjadi pegangan meskipun pada praktiknya mungkin akan terjadi improvisasi.

Mempelajari cara belajar efektif tidaklah sukar meskipun diperlukan kemauan keras untuk menguasainya. Bagaimanapun, mengubah kebiasaan tidaklah mudah dan cepat. Diperlukan upaya untuk memulai dan mengembangkan kebiasaan baru. Mahasiswa perlu mengetahui teori atau prinsip belajar di perguruan tinggi, teori dan prinsip itu akan di bahas pada artikel yang lain. Jika belum terbiasa mempraktikan teknik dan prinsip-prinsip tersebut terasa sangat sukar karena menyangkut mengubah kebiasaan belajar selama ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar