Jumat, 26 Juni 2015

Perbedaan Belajar di Perguruan Tinggi dan di Sekolah Menengah

        Belajar di kursi perguruan tinggi banyak berbeda dengan belajar di bangku sekolah menengah. Dilihat dari seluruh sistem, banyak perbedaan antara perguruan tinggi dan sekolah serta lingkungan kampus tidak lagi seperti lingkungan sekolah. Dalam kegiatan akademik, perlakuan terhadap mahasiswa berbeda dengan yang diterima siswa. Cara dosen memberikan kuliah pada mahasiswa umumnya tidak sama dengan cara guru menjelaskan pelajaran bagi siswa.

        Perbedaan yang mencolok tersebut membawa kesulitan  bagi sebagian mahasiswa dalam masa peralihan dari kebiasaan sekolah menengah menuju kepada tuntunan di perguruan tinggi. Semestinya sudah diantisipasi bahwa mahasiswa akan menemui berbagai masalah khususnya pada awal masa studinya. Sebagian masalah itu merupakan bagian yang baru sama sekali karena memang mereka memasuki dunia yang belum pernah dialami secara langsung. Berbagai hal yang dialami berbeda berbeda dari pengalaman di bangku sekolah menengah. Disinilah perlunya persiapan awal di masa studi.

        Persiapan itu dimulai pada hari-hari pertama di kampus, sewaktu mereka diwajibkan untuk menikuti program orientasi studi. Melalui program itu, mahasiswa baru akan mengenal lebih dekat perguruan tinggi dan fakultas khususnya jurusan yang mengelola program stufi yang diikutinya. Materi yang dicakup biasanya termasuk sistem pendidikan tinggi, sistem administrasi di perguruan tinggi, kegiatan ekstrakulikulum disamping pengenalan akna dunia kampus. Materi itu sangat banyak dan beragam, sedangkan waktunya singkat.


          Dengan demikian setiap mahasiswa perlu aktif mengikuti program itu. Lebih dari itu, secara perseorangan setiap mahasiswa baru perlu membekali dirinya dengan keterampilan belajar yang akan di postingan lainnya. Dikatakan secara perseorangan mengingat terbatasnya waktu yang tersedia dalam program orientasi untuk membahasnya secara lengkap.
untuk lanjutannya klik disini ya...!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar